Sunday, May 10, 2020

Alat Potong Mesin Frais


Alat Potong Frais dan Fungsinya

Alat Potong Frais adalah alat potong mesin perkakas dengan sisi potong ganda atau banyak (multi point). Alat potong ini mempunyai geometris yang lebih rumit bila dibandingkan dengan alat potong sisi potong tunggal. Proses pembentukannya maupun pengasahan sisi potongnya jauh lebih rumit. Oleh karena itu harga jual dari alat potong ini menjadi lebih mahal bila dibandingkan dengan alat potong bubut.
Selain memiliki sisi potong yang lebih dari satu, alat potong ini juga dapat memotong dengan menggunakan bagian ujung atau bagian sisinya atau bagian ujung dan sisi pada waktu yang bersamaan. Pisau frais dapat dibedakan menjadi pisau frais solid dan pisau frais inserted.
  

  
Gambar 1. Pisau Frais Tipe Solid



                       Gambar 2. Pisau frais tipe sisipan (insert)



1.         Macam-macam pisau frais dan kegunaannya
a.       Pisau Frais Rata (Plain Milling Cutter)
Pisau frais rata atau plain milling cutter merupakan pisau frais yang berbentuk silinder yang memiliki gigi-gigi pemotong di bagian kelilingnya, tetapi di kedua sisinya tidak terdapat gigi pemotong.Pada dasarnya pisau frais ini digunakan unuk mengefrais rata permukaan benda kerja yang sejajar dengan sumbu pisau. Pisau frais rata ada yang memiliki gigi lurus ada juga yang bergigi heliks.
Pisau frais jenis ini dapat dioperasikan pada medin frais mendatar maupun mesin frais universal.Pisau frais rata dapat juga dibedakan menjadi pisau frais rata kerja ringan dan pisau frais rata kerja berat

Gambar 3. Pisau frais rata

b.      Pisau frais sisi (Side Milling Cutter)
Side Millling Cutter sama dengan Plain Milling Cutter namun pada salah satu sisi atau kedua sisiter dapat mata potong/mata pisau. Dengan pisau ini dapat dilakukan pemakanan pada sisimuka danpada kedua sisi samping.
Macam-macam  pisau sisi (side millig cutter) antara lain:
1.      Pisau sisi lurus (Plain side milling cutter) dengan sisi lurus pada sisi muka dan kedua sisi sampingnya.
2.      Pisau setengah sisi (Half side milling cutter) mempunyai gigi helik pada sisi muka dan gigi pemotong pada satu sisi samping. Pisau tipe ini dianjurkan untuk pengefraisan permukaan kasar dan pengfraisan pada satu sisi saja.
3.      Pisau Staggered (Staggered tooth side milling cutter)   pisau ini dianjurkan untuk pemotongan kasar, alur dan slotting.

              
            1.Pisau sisi lurus   2.Pisau setengah sisi   3.Pisau Staggered

Gambar 4. Macam-macam Pisau Sisi (Side Milling Cutter)


c.       Pisau Frais muka
Pisau frais muka Adalah pisau bentuk khusus dari pisau endmill besar. Pisau ini dibuat dengan ukuran 6“ atau lebih. Face mill cutter biasanya mempunyai mata potong sisip (inserted). Pisau ini  biasanya dipasangkan langsung pada spindle mesin frais dan  digunakan untuk menghasilkan permukaan datar.

                                                      Gambar 5. Pisau Frais Muka

d.      Pisau frais sudut
Pisau sudut digunakan untuk pemotongan sudut seperti pembuatan alur miring , pemotongan alur V, dan pembuatan ekor burung.
Terdapat 3 macam pisau sudut yaitu:
1.      Pisau sudut tunggal ( single angle milling cutter)
Pisau ini mempunyai satu sisi permukaan sudut. Pisau ini digunakan pada pembuatan alur miring, nothes pada roda ratchet dan operasional sejenis. Sudut pisau ini pada umumnya antara 450-600. 

Gambar 6. Pisau sudut tunggal

2.      Pisau sudut ganda (Double angle milling cutter)
Pisau ini digunakan untuk pembuatan alur V dan gigi gergaji. Pisau ini mempunyai bentuk sisi Vdan biasanya dibuat dengan sudut 450, 600, atau 900


Gambar 7. Pisau sudut ganda

3.      Pisau bentuk ekor burung (Doveltail milling cutter)
Pisau ini juga mempunyai satu sisi sudut dengan gigi-gigi pemotong pada permukaannya. Pisau jenis ini digunakan untuk membuat alur-alur berbentuk ekor burung, di mana alur-alur yang dihasilkannya biasanya memiliki suaian luncur.


            Gambar 8. Pisau ekor burung

e.       Pisau frais bentuk
Pisau frais bentuk digunakan untuk mengefrais benda kerja dengan bentuk-bentuk tertentu, seperti bentuk cekung, bentuk cembung dan bentuk radius/ setengah bulat. Pisau frais bentuk mempunyai gigi-gigi pemotong pada bagian keliling pisau yang dibentuk dengan bentuk-bentuk tertentu untuk menghasilkan konfigurasi bentuk khusus pada permukaan benda kerja. Kontur dari tepi pemotong pisau frais ini akan terbentuk kembali dengan tepat pada permukaan benda kerja yang di frais

Ada beberapa jenis pisau frais bentuk antara lain
1.      pisau frais bentuk cekung (concave milling cutter)
cutter ini dipakai untuk membuat benda kerja yang bentuknya memiliki radius luar cembung.  Radius yang di hasilkan berupa kebalikan dari geometris alat potongnya dan besarnya radius dapat disesuaikan dengan standar yang ada dipasaran,


Gambar 9. Pisau frais cekung

2.      pisau frais bentuk cembung (convex milling cutter)
cutter ini dipakai untuk membuat benda kerja yang bentuknya memiliki radius cekung. Radius yang dihasilkan berupa kebalikan dari geometris alat potongnya dan besarnya radius dapat disesuaikan dengan standar yang ada dipasaran.


Gambar 10. Pisau frais cembung

3.      pisau frais setengah bulat/ bentuk radius (corner rounded milling cutter)
cutter ini dipakai untuk membuat benda kerja / mengfrais radisu bagian tepi.


Gambar 11. Pisau frais setengah bulat

f.       Pisau frais roda gigi / cutter modul
Pisau frais roda gigi sebenarnya mep9rupakan pisau frais bentuk. Pisau frais ini digunakan untuk menyayat atau membentuk gigi-gigi pada roda gigi. Bentuk pisau frais roda gigi ada bermacam-macam ssesuai dengan jenis roda gigi yang akan dibuat, misalnya pisau frais untuk roda gigi lurus (spur gear), pisau frais untuk roda gigi kerucut (bevel gear), pisau frais untuk roda gigi cacing (worm gear).
Tiap-tiap pisau roda gigi mempunyai ukuran atau ketentuan tertentu yang biasanya dinyatakan dalam nomor, jumlah gigi atau modul dan sudut tekan (pressure angle).


Gambar 12. Pisau frais roda gigi/ cutter modul

g.      Pisau frais alur T
Pisau ini digunakan untuk membuat alur yang berbentuk T seperti alur-alur yang terdapat pada meja mesin frais, meja mesin bor dan meja-meja kerja sejenis lainnya. Pisau ini memiliki tangkai berbentuk tirus atau lurus yang dapat dipasang pada arbor mesin frais tegak. Dimensi alat potong ini bisa bervariasi dari ukuran tinggi dan diameternya. Menggunakan alat potong ini harus terlebih dahulu di buat alur lurus, kemudian cutter alur T.


                                            Gambar 13. Pisau frais alur T

h.      Pisau frais pemotong/gergaji
Pisau frais pemotong ini digunakan untuk memotong atau membelah benda kerja dengan gerakan berputar. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat alur yang memiliki ukuran lebar relatif kecil. Jumlah dan jarak gigi pemotong bervariasi. Untuk memotong material yang lebih lunak digunakan gigi pemotong yang jaraknya lebih rapat, dan sebaliknya.


                                   Gambar 14. Pisau frais pemotong


i.        Pisau frais jari (End Mill Cutter)
Pisau frais jari merupakan pisau solid dengan sisi dan gagang yang menjadisatu. Namun demikian terdapat pisau endemil dengan mata pisau dan gagang terpisah yang disebut tipe shell. Selain tipe shell tersebut pisau   end mill mempunyai  gagang   lurus  atau  tirus  yang  dapat dipasangkan pada spindle mesin frais. End mill dapat digunakan untuk pengefraisan muka, pengefraisan horizontal, vertikal, menyudut atau melingkar. Secara operasional end mill digunakan untuk pembuatan alur, keyways, pockets (kantong), shoulders (tingkat), permukaan datar dan pengefraisan bentuk.
End Mill sebagian besar digunakan pada mesin frais vertikal meskipun tidak menutup kemungkinan dipakai pada mesin frais horizontal. Terdapat berbagai macam bentuk endmill  dan biasanya terbuat dari HSS, comented carbide, satu gigi  comented carbide yang disisipkan.

Macam-macam end mill tersebut antara lain:
1.      End mill dua mata (twoflute).
Pisau ini hanya mempunyai dua mata potongpada selubungnya. Ujung sisi di desain untuk dapat memotong hinggga kecenter. Pisau ini dapat digunakan sebagaimana bordan dapat pula digunakan untuk membuat alur.


            Gambar 15. Pisau jari 2 mata

2.      End mill dengan mata potong jamak.
Pisau ini mempunyai tiga, empat, enam atau delapan sisi potong dan biasanya mempunyai diameter di atas 2“.

Gambar 16. Pisau jari mata potong jamak
  

3.      Ball end mill ( Pisau jari lingkaran)
Pisau ini digunakan untuk pengefraisan fillet atau alur dengan radius pada permukaannya, untuk alur bulat, lubang, bentuk bola dan untuk semua pengerjaan bentuk bulat.
  
       Gambar 17. Pisau jari lingkaran

4.      Shell end mill
Pisau ini mempunyai lubang untuk pemasangannya pada arbor pendek. Gigi-gigi pisau inib iasanya berbentuk helik. Pisau ini dibuat lebih besar ukurannya dari pada pisau solid dan biasanya berukuran 1¼“ sampai 6“


Gambar 18. Pisau jari shell



20 comments:

  1. Ilham Muhamad Romadan XI TPm 1

    ReplyDelete
  2. NAMA = Fernando Saputra
    Kelas= XI TPM 1

    ReplyDelete
  3. NAMA:DICKE AJI ARDIANA
    KELAS:XI TPM I

    ReplyDelete
  4. Nama : Fauji Romdhan
    Kelas : XI TPm 1

    ReplyDelete
  5. Nama: Galam Pamungkas
    Kelas:XI TPm 1

    ReplyDelete
  6. Nama : Ahmad Aan YogaTama
    Kelas : XITPm 01
    Absen : 03

    ReplyDelete
  7. Nama:Fariska Yoga Pratama
    Kls: XI TPM 1

    ReplyDelete
  8. Nama:Adit listiawan
    Kelas: XI TPM 1
    Absen: 01

    ReplyDelete
  9. NAMA:Ahmad Dimas Romahudin
    KELAS:11 TPM 1

    ReplyDelete

Kisi-kisi

  1.       Bagaimana bentuk Gambar proyeksi orthogonal …. 2.       Apa yang di maksud pandangan depan …. 3.       Gambar pandangan a...