Monday, September 21, 2020

Jenis Mesin Frais B dan C

 

B.    Jenis mesin frais fixed bed



Mesin frais ini memiliki ukuran yang besar, berat , dan kokoh. Pergerakan meja pada mesin ini terbatas pada sudut tertentu tanpa ketentuan untuk penyetelan silang maupun vertikal. Mesin frais ini diklasifikasikan menjadi 3 jenis. Yaitu

    1. Simplex (kepala spindle tunggal),
    2. Duplex (dua kepala spindle), dan
    3. Triplex (tiga kepala spindle).

C. Jenis mesin frais Planer



Mesin frais ini disebut juga sebagai “Plano Miller”. Merupakan mesin yang digunakan untuk pekerjaan berat. Spindle mesin dapat diatur dalam arah vertikal ataupun horizontal. Mesin ini memiliki rel lintas yang bisa dinaikkan atau diturunkan untuk membawa alat potong. Memiliki beberapa spindle dan sadle yang masing-masing didukung kaki yang tegak.

Dengan beberapa pengaturan spindle yang berbeda, mesin ini bisa menghasilkan beberapa permukaan berbeda sekaligus. Sehingga proses pengefraisan bisa lebih efektif. Perbedaan mesin frais planer dan  fixed bed dapat dilihat dari gerakkan mejanya.

Pada mesin frais planer, gerakkan meja digunakan untuk memberikan kecepatan potong. Sedangkan pada mesin frais fixed bed, gerakan meja hanya berfungsi memberikan umpan atau mendekatkan benda kerja agar terpotong.

No comments:

Post a Comment

Kisi-kisi

  1.       Bagaimana bentuk Gambar proyeksi orthogonal …. 2.       Apa yang di maksud pandangan depan …. 3.       Gambar pandangan a...