Monday, September 21, 2020

Jenis Mesin Frais Kolom Dan Lutut

 

A.A. Jenis mesin frais tipe kolom dan lutut

Jenis mesin frais yang umum ditemukan di bengkel pemesinan. Meja pada mesin ini terhubung dengan lutut yang dapat digerakkan secara vertikal sejajar dengan kolom utama mesin. Ketinggian lutut bisa diatur sehingga cocok untuk pengefraisan dengan beberapa ketinggian yang berbeda. Mesin frais tipe kolom dan lutut dapat diklasifikasikan sebagai berikut. Menurut berbagai metode pemakanannya, perbedaan gerakkan mejanya, dan perbedaan arah putaran spindlenya.

1.      Mesin frais tangan (hand milling machine)



Mesin frais paling sederhana yang gerak pemakanannya dikendalikan dengan tangan. Mesin ini tidak memiliki gerak otomatis. Cocok untuk pekerjaan frais ringan seperti pembuatan alur pasak

2.      Mesin frais horizontal



Mesin milling yang memiliki spindle mesin dengan posisi mendatar. Alat potong atau pisau yang dapat digunakan hanya jenis pisau mantel (helix). Gerakkan mejanya dapat memanjang, melintang, dan vertikal.

3.      Mesin frais vertikal



Mesin frais yang memiliki spindle dengan posisi tegak/vertikal. Spindlenya dapat dimiringkan dengan sudut tertentu. Gerakkan mejanya dapat memanjang, melintang, dan vertikal. Ada berbagai macam pisau frais yang dapat digunakan pada mesin ini. Contohnya : pisau jari, pisau ekor burung, dan lain-lain.

4.      Mesin frais universal



Mesin frais gabungan antara mesin frais vertikal dan horizontal. Yaitu memiliki spindle dengan posisi tegak dan mendatar. Dengan demikian operator bisa menggunakan berbagai macam alat potong. Baik itu untuk mesin frais vertikal maupun horizontal. Kelebihan mesin frais ini adalah mejanya dapat digeser atau diputar secara horizontal sebesar 45° derajat. Baik itu digeser ke kiri atau ke kanan. 

Dengan demikian, mesin ini memiliki empat arah pemakanan.  Yaitu ke kanan, kiri, menyudut dan verikal. Mesin frais universal juga dapat menggunakan tambahan perlengkapan tertentu. Seperti, kepala pembagi (dividing head), perlengkapan mesin frais vertikal, ragum putar (rotary vice), dan lain-lain. Mesin frais ini dapat digunakan untuk membuat spur, bevel, spiral, twist drill, reamer, dan lain-lain. Semua jenis pembentukan dapat dikerjakan dengan mesin frais universal.

5.      Mesin frais omniversal



Gerakkan pemakanannya sama seperti mesin frais universal. Memiliki 4 gerak pemakanan. Meja pada mesin ini juga dapat dimiringkan secara vertikal untuk keperluan tertentu. Dengan meja yang dapat dimiringkan, mesin ini bisa digunakan untuk membuat alur spiral pada reamer dan roda gigi bevel.

No comments:

Post a Comment

Kisi-kisi

  1.       Bagaimana bentuk Gambar proyeksi orthogonal …. 2.       Apa yang di maksud pandangan depan …. 3.       Gambar pandangan a...