Monday, September 21, 2020

Jenis Mesin Frais dan Fungsinya D

D.    Jenis mesin frais spesial

Mesin frais spesial dikembangkan untuk memenuhi suatu pekerjaan khusus. Spindle pada mesin ini berfungsi untuk memutar alat potong dan bisa menggerakkan alat potong ke arah yang berbeda.

Yang termasuk jenis mesin frais spesial antara lain :

1.      Mesin frais dengan meja putar (rotary table)



Meja pada mesin ini berbentuk bundar dan bisa berputar dengan sumbu vertikal. Alat potong pada mesin ini diatur pada ketinggian yang berbeda. Satu alat potong untuk pemakanan kasar dan satu alat potong lagi untuk finishing. Keuntungan menggunakan mesin ini adalah operator bisa terus menerus memasang dan melepas benda kerja saat proses pengefraisan.

2.      Mesin frais Drum



Prinsip kerjanya sama seperti mesin frais dengan rotary table. Namun meja pada mesin ini disebut “Drum” berputar dengan sumbu horizontal. Terdapat tiga atau empat spindle yang berputar. Spindle pada mesin ini juga dipasang dengan sumbu horizontal. Alat potong terpasang pada spindle dan melakukan pemakanan yang didukung putaran meja frais. Satu putaran penuh meja frais menandakan proses pengefraisan telah selesai untuk satu benda kerja. Kemudian operator bisa memasang benda kerja baru pada meja frais

3.      Mesin frais planetary



Pada mesin frais ini benda kerja dipasang pada posisi diam. Sedangkan alat potong yang bergerak mendekati benda kerja dan melakukan pemotongan. Alat potong bergerak sesuai dengan jalurnya untuk menyelesaikan permukaan silinder pada benda kerja. Baik itu secara internal maupun eksternal. Mesin ini juga diadaptasi untuk mesin frais penguliran internal dan eksternal.

4.      Mesin frais pantograph



Mesin frais ini bisa digunakan untuk menduplikasi suatu bentuk benda kerja. Ukuran benda duplikat dapat lebih kercil, sama, atau lebih besar dari ukuran aslinya. Dapat juga digunakan untuk model lain dengan tujuan tertentu. Umumnya mesin ini terdiri dari empat sambungan yang tergabung dalam bentuk parallellogam.

Mesin ini dapat unruk menduplikasi benda dua dimensi(contohnya gambar atau tulisan) atau tiga dimensi(berupa bentuk benda kerja dan konturnya).

5.      Mesin frais tracer controlled



Mesin frais ini digunakan untuk membuat bentuk-bentuk kompleks seperti pada bentuk cetakan. Gerakan dari pelacak yang menyentuh benda asli akan mengarahkan gerakan pisau frais. Sehingga bentuk benda duplikat akan sama persis. Gerakan stylus (pelacak) akan menekan sistem hidrolik dan mengangkat meja. Susunan dari semua sistem itu bisa disebut servomechanism.

6.      Mesin frais CNC (Computer Numerical Control)



Mesin frais yang dapat menduplikasi benda kerja secara keseluruhan sesuai program atau template yang telah ditentukan. Spindle pada mesin ini bisa diatur pada posisi vertikal maupun horizontal terhadap meja mesin. Pin program digunakan untuk mengatur pergerakan pisau frais. Pergerakan meja secara longitudinal (membujur) dan gerakan pisau secara melintang akan menyesuaikan dengan program yang telah dimasukkan.

No comments:

Post a Comment

Kisi-kisi

  1.       Bagaimana bentuk Gambar proyeksi orthogonal …. 2.       Apa yang di maksud pandangan depan …. 3.       Gambar pandangan a...